Katahui Tugas Customer Service Bank Agar Nasabah Mendapatkan Pelayanan Terbaik

Customer Service ialah status kedudukan tugas yang mempunyai pekerjaan untuk memberi servis ke beberapa konsumen setia, bukan itu saja, Customer Service akan memberi informasi-informasi dan menolong menangani tiap keluh kesah berkaitan lewat produk yang ditemui oleh beberapa nasabah. Bila kita singgah di beberapa bank, tentu bakal ada Customer service yang hendak layani. Lantas apa sich pekerjaan dari Customer Service ini ?

Kita sering menyaksikan saat ada nasabah yang ingin membuat buku tabungan di bank, karena itu yang pertama kalinya dilaksanakan ialah tiba ke Customer Service. Mengapa ini dilaksanakan ? karena mereka tahu jika Customer Service ialah tempat untuk buka buku tabungan baru.

Katahui Tugas Customer Service Bank Agar Nasabah Mendapatkan Pelayanan Terbaik
Katahui Tugas Customer Service Bank Agar Nasabah Mendapatkan Pelayanan Terbaik

Peranan Customer Service

Berdasar peranan tersebut peranan seorang customer service bisa diuraikan selanjutnya dalam kesehariaannya sebagai pegawai Bank, yang mana beberapa fungsi itu ialah seperti berikut:

Front Line Officer

Kehadiran sisi customer service ada di sisi depan satu bank, karena itu customer service jadi cerminan penilaian servis satu bank.

Liasson Officer

Customer Serviceialah satu aparatur sebagai mediator di antara bank dengan nasabah. Orang pertama kali yang dikontak oleh nasabah saat tiba ke bank ialah aparatur customer service, bagus untuk minta info atau untuk melak¬sanakan transaksi bisnis.

Information Centre

Customer Serviceialah salah satu personel yang secara mudah dikontak oleh nasabah di kesempatan pertama karena itu aparatur customer service jadi pusat dan nara sumber beberapa informasi berkenaan produk dan jasa bank. Oleh karena itu dituntut personel yang memiliki pengetahuan dan wacana yang lumayan baik berkenaan industri perban¬kan.

Salesman (penjual)

Berperan sebagai penjual produk, dengan jual beragam produk yang ada di bank, seperti beragam tipe tabungan, deposito, credit dan ketahui keluh kesah dan berkeberatan nasabah.

Servicing (servis)

Sesuai perannya customer service, atas nama bank yang menerima dan menyongsong baik kehadiran nasabah seterusnya akan kerjakan keperluan nasabah sampai semua transaksi bisnisnya bisa diram¬pungkan.

Advisor/Konselor

Dalam layani nasabah sering juga aparatur customer service berbekal pengetahuan dan wacana yang arif berkenaan dengan rencana pengendalian keuangan nasabah.

Pemeliharaan Konsumen (Pembimbingan Nasabah)

Persoalan pembimbingan nasabah baru (solisitasi). Aparatur customer service ialah akun assistant atau pembimbing untuk tiap akun atau rekening nasabah non credit. Ini sebagai perpanjan¬gan dan peningkatan peranan ke-2 yakni Liasson Officer.

Handling Complaint

Unit customer service jika dalam operasionaln¬ya, nasabah tidak senang, karena ada ketidakcocokkan atau persetujuan, protes dan sebagainya
beberapaya, karena itu ialah pas jika orang pertama kali yang dikontak ialah aparatur customer service. Dalam masalah ini dituntut bukan saja bisa tangani keluh kesah namun diharap bisa meme¬cahkan permasalahan secara baik sebagai “masalah suiter”.

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Customer Service

Perlu Anda kenali, jika beberapa pekerjaan yang telah saya sebut di atas ialah pekerjaan umum yang sudah dilakukan oleh Customer Service, disamping itu, ada banyak pekerjaan dan tanggung-jawab yang lain yang mereka punyai. Berikut pembahasan selengkapnya.

Memberi keterangan mengenai produk bank

Seorang Customer Service akan memberi keterangan ke beberapa calon nasabah berkaitan produk bank, seperti persyaratan pembukaan rekening baru dan beberapa proses yang perlu dilaksanakan.

Layani pembukaan rekening

Sesudah terima keterangan berkenaan produk bank, Anda bisa buka rekening getho atau rekening tabungan langsung di Customer Service. Mereka akan layani Anda secara baik. Karenanya adalah pekerjaan mereka.

Cetak check dan bilyet Giro

Anda dapat cetak check dan bilyet Giro di Customer Servicebank. Bilyet Giro ialah sebuah surat perintah untuk lakukan pemindahbukuan dari nasabah ke bank yang lain berkaitan, di mana Anda bisa mengalihkan beberapa uang yang berada di rekening Anda ke rekening yang menerima yang Anda tulis.

Layani penutupan rekening

Bila Anda ingin lakukan penutupan rekening giro atau rekening tabungan, Anda langsung bisa tiba ke Customer Servicebank untuk lakukan hal itu. Anda akan dilayani secara baik oleh petugas yang bekerja.

Layani penutupan rekening

Selainnya layani penutupan kartu rekening, Customer Servicedapat layani Anda untuk lakukan penutupan rekening giro atau rekening bank.

Memberi info saldo rekening

Anda dapat minta info saldo rekening Anda di Customer Servicebank. Disamping itu Anda dapat minta tanda terima perubahan supaya bisa langsung diciptakan bila Anda memerlukannya.

Layani perpindahan bank

Bila Anda ingin mengalihkan atau menukar rekening bank yang Anda punyai sekarang ini, Anda langsung bisa tiba ke Customer Service.

Memberi servis jasa

Customer Serviceakan memberi servis jasa seperti transfer, inkaso, pemindahbukuan rekening, surat rekomendasi bank, dan beberapa macam servis jasa yang lain bisa Anda dapatkan di Customer service.

Mempersiapkan beberapa Administrasi

Customer Serviceumumnya akan mempersiapkan beberapa Administrasi yang terkait dengan beberapa kartu yang nanti akan diperlukan di saat lakukan servis.

Pekerjaan lain dari atasan

Ada beberapa pekerjaan yang lain dapat diberi oleh atasan ke Customer Serviceselainnya beberapa pekerjaan di atas . Maka bila Anda ingin jadi Customer Service. Beberapa pekerjaan itu harus dapat Anda lakukan, karena semua ialah tanggung-jawab Anda bila ambil sektor tugas ini.

Apa Anda ingin jadi seorang Customer Service. Baca persyaratan-syaratnya di bawah ini.

Persyaratan Fisik

1. Mempunyai performa menarik, baik dari sisi kenakan pakaian atau dari sisi muka
2. Mempunyai tinggi tubuh yang seimbang. Tinggi tubuh bagus yang diperlukan ialah lelaki 165 cm dan wanita 160 cm
3. Mempunyai kesehatan rohani dan jasmani

Persyaratan Psikis

1. Mempunyai psikis yang kuat di saat sedang layani nasabah

2. Bisa memberi rasa keyakinan ke nasabah pada sesuatu yang telah dikatakan

Persyaratan personalitas

1. Cepat layani nasabah
2. Mempunyai jiwa humoris
3. Bisa mengontrol diri kita
4. Tidak gampang geram
5. Tidak sukai keluarkan kalimat kasar

Persyaratan Sosial

1. Mempunyai jiwa sosial yang tinggi
2. Arif dalam tugas
3. Mempunyai budi pekerti mulia
4. Dapat berkawan dengan siapa saja
5. Bisa lakukan kerja-sama sama orang lain.

Baca Juga: 10 Tugas Customer Service (CS) Yang Harus Kamu Ketahui

Penutup

Demikianlah informasi dari oncom.id mengenai pekerjaan dan tanggung-jawab customer service yang diperlengkapi dengan persyaratan umum kerjanya. Mudah-mudahan info ini bisa berguna untuk kalian yang memerlukan. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Sukses untuk kita semua.

Bagikan:

Tinggalkan komentar