Ciri Ciri Kehidupan Zaman Paleolitikum | Oncom.id


Ciri Ciri Kehidupan Zaman Paleolitikum

Ciri Ciri Kehidupan Zaman Paleolitikum – Halo sobat kali ini kita oncomid akan mencoba menjawab soal mengenai zama paleolitikum yang banyak di cari di semin pencari google, simak jawabanya dibawah ini

Apa Ciri Ciri Kehidupan Zaman Paleolitikum?

Jawaban:

5 ciri kehidupan Jaman Paleolithikum

  1. Belum mengenali cocok tanam
  2. Hidup memburu dan meramu
  3. Manusia purba masih hidup secara nomaden (beralih berpindah) dalam barisan kecil
  4. Tidak ada pembagian kerja dan stratifikasi sosial
  5. Alat yang dipakai berbentuk perlengkapan batu yang besar dan kasar

Ulasan

Ciri-ciri kehidupan sosial-budaya warga pada Jaman Batu Tua (Paleolithikum) ialah:

1. Belum mengenali cocok tanam

Pada periode ini manusia tidak dapat becocok tanam, berlainan dengan pada Jaman Batu Muda (Neeolithikum) di mana manusia mulai mengenali langkah mendapatkan makanan dengan bertani.

2. Hidup memburu dan meramu

Karena belum mengenali mekanisme cocok tanam, manusia purba cuma memperoleh makanan dengan memburu atau kumpulkan makanan atau meramu. Ini misalkan kelihatan dari beberapa sisa kerang dan hewan laut di pantai dari tersisa makanan manusia purba yang disebutkan kjokkenmoddinger.

3. Manusia purba masih hidup secara nomaden (beralih berpindah) dalam barisan kecil

Manusia purba pada periode ini mendapatkan makanan dengan kumpulkan buah liar atau kerang pantai. Karenanya, manusia purba harus hidup nomaden atau beralih-pindah.

Keadaan ini dikarenakan oleh manusia harus ikuti binatang buruan yang disebut sumber makanan khusus mereka dan hidup dalam barisan kecil. Jika sumber makanan habis, manusia harus beralih ke arah tempat baru.

Rumah manusia waktu itu manfaatkan gua-gua alami atau membuat tenda simpel dari patahan ranting pohon-pohonan.

4. Tidak ada pembagian kerja dan stratifikasi sosial

Karena tidak ada mekanisme cocok tanam, karena itu manusia masih tinggal dalam kelompok-kelompok memburu dengan jumlah anggota barisan yang kecil.

Dalam barisan ini tidak ada mekanisme sosial yang kompleks. Pada periode Paleolitikum, semua manusia masih hidup sebagai pemburu atau pengumpul makanan, dan tidak ada limitasi di antara pimpinan dan karyawan yang khusus membuat produk tertentu.

Ini berlainan dengan yang hendak kelihatan pada periode Neolitikum, di mana manusia hidup dalam desa-desa dan memulai tercipta stratifikasi di antara kelompok atas dan bawah, timbulnya pimpinan dalam warga, dan ada barisan karyawan yang khusus lakukan karier tertentu seperti pengrajin dan pedagang.

5. Alat yang dipakai berbentuk perlengkapan batu yang besar dan kasar

Warga memakai alat batu besar dan kasar seperti kapak batu. Alat batu ini dipakai untuk memburu, memproses makanan, membuat baju dan membuat api. Alat batu ini dibikin dengan menggunting bebatuan jadi tajam.

Alat batu ini misalkan ialah kapak pegang. Kapak pegang dibikin dari batu yang ditimbukkan dengan bebatuan lain hingga hasilkan segi yang tajam.

Kapak pegang berwujud kasar dan dipakai dengan dipegang pada tangan. Ini berlainan dengan kapak lonjong dari zaman berkebun pada periode Neolithikum, yang semakin maju, berwujud lembut dan bisa dipakai dengan diikat pada tangkai kayu.

Itulah diatas pembahasan mengenai Ciri Ciri Kehidupan Zaman Paleolitikum semoga bermanfaat, terimkasih telah berkunjung.

Tinggalkan komentar