Bagaimana Bunyi Kulkas Yang Normal? Baca Penjelasanya | Oncom.id


Bagaimana Bunyi Kulkas Yang Normal? Baca Penjelasanya

Bagaimana Bunyi Kulkas Yang Normal? Tulisan kali ini akan mengulas mengenai bagaimana bunyi kulkas yang sebetulnya normal, tetapi banyak yang salah mengerti, bahkan juga menduga jika kulkas mereka memiliki masalah saat dengar bunyi-bunyi tertentu. Saya minimal pernah belajar bagaimanakah cara kerja kulkas, jadi dapat secara mudah menerangkan asal mula bunyi itu. Jika kalian sudah mengetahui langkah kerja kulkas secara fundamental, kalian pasti dapat semakin cepat paham dengan content tulisan ini.

Beli kulkasyang bagus bukan hanya akan memberi kualitas pendinginan yang lebih bagus dan pemakaian daya listrik yang lebih irit, tetapi juga akan diimbangi dengan kualitas produk yang tahan lama serta awet. Karena jika tidak dirawat atau mungkin tidak teratur dibikin bersih dan kerap dipaksakan bekerja pada kekuatan maksimal, almari es tidak tahan lama. Bunga es ialah permasalahan yang umum dan tersering diketemukan pada almari es mode chest atau upright.

Selainnya permasalahan bunga es, suara bising sebagai permasalahan yang lain kerap dirasakan oleh pemakai. Pemicu suara bising pada kulkas dapat berbagai macam. Salah satunya harus memperoleh perhatian. Dan, beberapa suara yang dikeluarkan oleh kulkas dipandang cukup normal dan tak perlu dicemaskan.

Bagaimana Bunyi Kulkas Yang Normal?

Bagaimana Bunyi Kulkas Yang Normal? Baca Penjelasanya

Salah satunya keluh kesah umum adalah kulkas yang terlampau bising, atau kulkas yang baru saja dibeli keluarkan suara yang lain dengan kulkas awalnya. Rupanya, 99% bunyi itu ialah normal. Beberapa suara itu dikeluarkan oleh elemen yang ada di kulkas. Kita akan menerangkannya, hingga kalian tak perlu cemas kembali.

1. Suara Pada Evaporator Kulkas

Saat es menimbun disekitaran evaporator, kulkas terkadang keluarkan suara berderak. Kadang zat pendingin yang mengucur lewat aliran bahkan juga keluarkan bunyi seperti detak. Saat kulkas cairkan semua es beku itu, kalian kemungkinan dengar suara bentrokan atau letupan dari evaporator. Satu kali lagi, ini disebabkan karena proses pengembangan dan kontraksi termal.

Kalian kemungkinan dengar suara mendesis saat es menetes ke pemanas evaporator, suara tetes dan saluran air saat es mencair dari evaporator dan beralih menjadi air. Suara rengat atau letupan dapat kedengar saat kumparan evaporator pada mode kulkas type hebat freezer dan no-frost mendingin sesudah transisi pencairan.

2. Suara Dari Alat Pembikin Es

Bila kulkas diimbangi dengan mesin pembikin es, karena itu saat alat pembikin es ini berisi oleh air, kalian kemungkinan dengar suara saluran listrik mengucur lewat katup air saat dihidupkan. Di saat yang serupa, umumnya kedengar bunyi saluran air lewat kulkas. Keributan itu umumnya berjalan sekitaran 5 sampai 10 detik. Sisi pembikin es ini akan keluarkan suara keras saat es yang membeku jatuh ke tempat penyimpanan es.

Di lain sisi, dengungan atau bunyi click dapat kedengar saat pembikin es berisi air. Suara ini kemungkinan kedengar sekali atau seringkali. Pembikin es akan keluarkan suara mendengung saat coba isi air kurang lebih tiap 15 menit. Check dan yakinkan air dihidupkan ke pembikin es. Suara berderak atau bergetar akan kedengar bila pembikin es dihidupkan dan air tidak disalurkan. Bila unit pembikin es tidak tersambung ke air, seharusnya kalian mematikan mesin pembikin es kulkas.

3. Suara Kulkas Dari Sisi Compressor

Saat compressor dihidupkan, umumnya akan kedengar suara dengungan. Beberapa type compressor bekerja dengan kecepatan bervariatif, sama dalam tehnologi inverter. Karenanya, kadang bunyi dengung barusan jadi sedikit keras sesaat. Saat compressor gerakkan zat pendingin refrigerant, kontraksi dan pengembangan termal yang terjadi kadang hasilkan bunyi seperti click, letupan, atau bahkan juga bentrokan.

Zat pendingin yang bergerak lewat aliran juga kedengar seperti suara gemericik atau saluran air. Disamping itu, bunyi click kemungkinan kedengar sesudah listrik padam. Suara ini datang dari compressor dan dapat berjalan sepanjang 3 sampai 5 menit.

Baca Ini Juga:

 

4. Bunyi Normal Yang lain Yang Dikeluarkan Kulkas

Pemakaian kulkas umumnya akan hasilkan suara atau bunyi tertentu. Berikut beberapa suara yang dikeluarkan oleh elemen kulkas.

– Peralihan kecepatan kipas saat kulkas sesuaikan peralihan temperatur saat pintu terbuka
– Kulkas umumnya mempunyai minimal dua kipas pada bagian atas . Maka, kalian kemungkinan dengar bunyi motor kipas saat almari es mulai mendinginkan
– Bunyi click/tik-tok kedengar saat pengontrol waktu pencairan es dihidupkan dan dimatikan
– Kedengar bunyi click saat unit pengatur temperatur hidupkan dan mematikan almari es
– Suara mendidih, gemericik, atau ketukan disebabkan karena perputaran refrigerant
– Suara gemericik di pintu kedengar sebentar sesudah pintu ditutup karena ada air di tempat jebakan tabung pembuang
– Tetes kemungkinan kedengar saat air pencairan es menetes ke panci pembuangan di bawah kulkas
– Suara mendengung bisa kedengar sepanjang dan sesudah ambil air dari pintu dispenser
– Suara bentakan akan kedengar sekitaran 4 detik sesudah keluarkan gelas dari dispenser, yang disebut suara penutup aliran dispenser
– Suara mendesis atau mendengung kemungkinan kedengar pada kulkas dengan pencairan sendiri, yang terjadi saat air menetes pada pemanas defrost
– Aliran air bisa keluarkan suara keras seperti ketukan atau bentrokan saat katup air terbuka dan tertutup. Ini disebabkan karena penekanan air pada aliran suplai air yang tinggi

5. Suara berdesing

Jika dengungan itu tidak begitu keras, karena itu ini dipandang masih lumayan normal. Tetapi jika bunyi dengungan yang keluar benar-benar mengusik atau terlampau keras, Anda perlu mengecek kipas compressor. Suara dengungan pada kulkas yang normal disebabkan karena katup aliran air yang terbuka dan tutup untuk keluarkan air atau isi ice maker.

Jika suara ini keluar saat kulkas tersambung ke aliran air, karenanya maknanya suara ini ialah suara yang cukup normal. Tetapi jika Anda dengarnya saat kulkas tidak tersambung dengan aliran air, karena itu selekasnya mematikan ice maker.

6. Suara click berkali-kali

Suara ini disebabkan karena katup evaporator yang bekerja untuk atur suhu pendinginan. Suara click yang didengar berkali-kali cukup normal saat almari es lakukan proses pendinginan dari 1 kompartemen ke kompartemen yang lain.

Bagaimana Bunyi Kulkas Yang Normal? Tersebutlah beberapa suara atau bunyi-bunyian yang dikeluarkan oleh kulkas dan dipandang normal. Di luar beberapa suara yang sudah kami terangkan pada beberapa poin di atas, biasanya dipandang tidak normal jika suara itu kedengar benar-benar mengusik atau bising. Untuk ketahui Apa contoh suara bising pada almari es yang penting cemaskan.

Jadi ya, bila kalian baru beli kulkas, beberapa suara barusan kemungkinan kedengar sedikit keras dari umumnya, dan hal itu sebenarnya normal. Sepanjang kulkas dan freezer bekerja yang baik dalam mendinginkan makanan saat kalian dengar beberapa suara serupa sama yang saya terangkan, karena itu kalian tak perlu cemas salam oncom.id.

Tinggalkan komentar