Seekor Semut Berada Di Bidang Dimensi Dua | Oncom.id


Seekor semut berada di bidang dimensi dua

Soal + Pembahasan KSN-K Informatika (No. 6)

Seekor semut berada di bidang dimensi dua. Ketika berada di koordinat (x,y), dia bisa bergerak ke kanan (x+1,y), kiri (x-1,y), atas (x,y+1), atau bawah (x,y-1) dengan aturan tertentu sesuai dengan tabel berikut:

Gerakan Sebelum (genap, genap) (ganjil, genap) (genap, ganjil) (ganjil, ganjil)
Kiri Bawah Kiri Atas Kanan
Kanan Kanan Bawah Kiri Atas
Atas Atas Kanan Bawah Kiri
Bawah Kiri Atas Kanan Bawah

 

Tabel tersebut menunjukkan aturan pergerakan semut tersebut. Baris menunjukkan gerakan yang terakhir dilakukan sementara kolom menunjukkan ganjil/genapnya koordinat semut sekarang. Misalnya, jika sekarang berada di koordinat (10,12) yaitu (genap,genap) dan sebelumnya bergerak ke kiri dari (11,12), maka gerakan selanjutnya adalah ke bawah yaitu ke (10,11). Jika semut tersebut ingin bergerak dari koordinat (0,0) ke koordinat (1,-2), arah gerakan awal yang mungkin adalah…

a. kiri

b. kanan, atas

c. kiri, bawah

d. kiri, kanan, atas

e. semua gerakan bisa

JAWABAN : B

Soal Lainya:

Ulasan

Semut bergerak dari koordinat (0,0) ke koordinat (1,-2), atau dapat kita catat :

Kanan : 0,0 ⟶ 1,-2

Karena X berharga positif atau = 1, karena itu dapat di yakinkan pergerakan semut ke kanan, selanjutnya karena nilai Y berharga negatif atau = -2, karena itu pergerakan akhir semut yakni ke bawah.

Hingga arah gerak awalnya semut yang kemungkinan yakni Kanan, atas selanjutnya ke bawah.

Lebih Selengkapnya:

Bila semut awalannya mengarah ke kiri, maka ada di status (-1, 0) selanjutnya ke atas (-1, 1), bawah (-1, 0), bawah (-1, -1), kiri (-2, -1), bawah (-2, -2), atas (-2, -1), kanan (-1, -1), bawah (-1, -2) dan gerakan akan sama dengan awalnya (bawah (-1, 0)). Hingga koordinat (-1, -100) bisa terwujud.

Bila semut awalannya mengarah ke kanan, maka ada di status (1, 0) selanjutnya mengarah ke kanan (2, 0), kiri (1, 0), atas (1, 1), bawah (1, 0), bawah (1, -1), kiri (0, -1), bawah (0, -2), atas (0, -1), kanan, (1, -1), bawah (1, -2) dan akan berulang-ulang seperti saat status bawah (1, 0) . Maka status (-1, -100) tidak terwujud.

Bila semut awalannya mengarah ke atas, karena itu semut itu ada di status (0, 1) selanjutnya mengarah ke kanan (1, 1), bawah (1, 0). Skema ini selanjutnya akan sama dengan awalnya (karena ada bawah (1, 0)). Hingga mustahil capai (-1, -100).

Berdasar opsi yang ada, semut mustahil mengarah ke bawah. Tetapi untuk pastikan, bila semut mengarah ke bawah (0, -1) selanjutnya akan mengarah ke kanan (1, -1) dan membuat status sama saat semut awalannya mengarah ke kanan . Maka jawaban yang betul ialah cuma kiri (a).

Tinggalkan komentar