Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean | Oncom.id


Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Sebutkan potensi sumber daya alam negara ASEAN​

Jawaban:

1. Indonesia

Pulau komodo di Indonesia

Negara yang pertama ialah Indonesia. Indonesia sebagai negara yang banyak memiliki sumber daya alam lho.Dimulai dari kekuatan alam yang cantik, perairan yang bersih, dan tanah yang subur menjadi rumah beberapa tumbuhan. Dari sektor pertanian, sebagai favorit ialah rempah-rempah, beras, teh, kopi, kelapa sawit, karet, tebu, dan ada banyak kembali.

Tidak cuma menang pada sektor pertanian, kelautan dan perikanannya juga benar-benar kaya sumber daya alam. Dengan sebagian besar daerah 70% perairan, mengakibatkan Indonesia jadi rumah yang nyaman untuk banyak ikan-ikan dan hewan air yang lain. Lantas, dari bidang pertambangan juga Indonesia tidak ingin kalah. Minyak bumi, gas alam, emas, timah dan tembaga masih jadi sumber daya alam dan sumber mata penelusuran untuk banyak orang.

2. Malaysia

Aktivitas pertambangan bauksit di Kuantan, Malaysia

Yok, bergerak ke negara tetangga dari segi pulau Kalimantan, yakni negara Malaysia. Malaysia sebagai negara yang serumpun sama kita lho. Ini ditunjukkan dengan keadaan geografis yang hampir serupa, dan sumber daya alamnya juga nyaris sama dengan negara kita.

Dari sektor pertanian, sebagai komoditas khusus Malaysia ialah padi, karet, teh, dan kelapa sawit. Lantas dari sektor pertambangan, Malaysia memiliki sumber daya alam berbentuk minyak bumi, gas alam, timah, emas, dan bauksit.

3. Brunei Darussalam

Billionth Barrel Monument, bukti jumlahnya minyak bumi di Brunei

Seterusnya negara ASEAN yang ke-3 , yakni Brunei Darussalam. Negara yang berada di ujung pulau Kalimantan ini mempunyai sumber daya alam lho, yakni pada bidang pertambangan yang mempunyai minyak bumi dan gas alam. Tahukah kamu? Brunei sanggup menghasilkan 180.000 barel minyak sehari-harinya lho.

Sampai dibangun monumen Billionth Barrel di pantai Seria untuk mengingati jumlah satu miliar tong minyak yang sudah diproduksi negara ini. Bukan hanya bidang pertambangan saja yang hasilkan, dari bidang pertanian juga Brunei Darussalam mempunyai sumber daya alam berbentuk kelapa, kelapa sawit, dan karet.

4. Singapura

Dermaga Internasional Singapura

Singapura sebagai negara yang paling kecil di ASEAN lho. Dengan luas negara sekitaran 720 km2, atau kurang lebih selebar kota Jakarta jadikan Singapura tidak mempunyai sumber daya alam seperti beberapa negara yang lain. Tetapi, dengan keadaan geografis negara yang vital yakni di selatan Semenanjung Malaka, jadikan negara ini jadi maju karena pelayaran internasionalnya.

5. Kamboja

Angkor Wat, warisan monumental dan jadi icon negara Kamboja.

Negara yang ke-5, ialah Kamboja. Tahukah kamu, bendera negara Kamboja sebagai salah satu bendera di dunia yang ada gambar gedungnya lho,yakni wujud bangunan Angkor. Kamboja mempunyai sumber daya alam yang hampir serupa dengan negara tetangganya, yakni pada sektor pertanian yang mempunyai karet, beras, kayu, sampai ubi-ubian. Bidang pertambangan negara Kamboja ini juga lumayan banyak yakni mempunyai gas alam, minyak bumi, dan batu permata yakni berbentuk safir dan rubi.

Etttssss, sudah mulai pusing kah? Masih tetap ada negara lain lho yang masuk ke ASEAN. Yok teruskan!

6. Laos

Danau di Senggang Prabang sumber suplai listrik di Laos

Seterusnya, negara yang ke enam ialah Laos. Walaupun negara ini tidak mempunyai laut, tetapi punyai sumber daya alam yang paling digunakan dengan baik sekali. Negara ini sebagai negara salah satu di ASEAN yang memberi listrik secara gratis-tis-tis. Wah luar biasa ya?

Suplai listrik yang sangat besar sekali ini datang dari pendaman danau besar di Senggang Prabang, Laos. Bukan hanya mempunyai listrik yang banyak, negara Laos hasilkan kayu jati dan cendana lho.

7. Myanmar

Batu Giok

Negara yang ke-7 ialah negara Myanmar. Negara Myanmar sebagai negara yang kaya sumber daya tambangnya, yakni berbentuk tembaga, emas, timah, seng, perak, batu permata, gas alam, dan nikel. Bukan hanya pertambangan, bidang pertanian Myanmar banyak juga lho. Diantaranya beras, kacang-kacangan, dan karet.

8.Filipina

Serat abaca yang dipakai sebagai bahan baku pembikinan baju

Negara yang seterusnya akan kita ulas ialah Filipina. Filipina sebagai negara kepulauan yang dekat sama Samudra Pasifik. Tahukah kamu, Filipina sebagai negara yang berpotensi sumber daya alam pertanian berbentuk padi, jagung, gula, kopra, buah-buahan, dan abaca (serat manila).

Bukan hanya sumber daya pertanian saja, Filipina memiliki sumber daya pertambangan lho. Mencakup tembaga, emas, perak, bijih besi, dan keramik.

Lihat Soal Lainya:

Tinggalkan komentar