Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB Cepat Dan Mudah | Oncom.id


Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB Cepat Dan Mudah

Hello sobat pengguna layanan Bank BJB! Gimana ya Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB? Jumpa lagi bersama kami. Pernahkah kamu mengalami situasi dimana ketika akan melakukan transaksi di ATM BJB, namun layar malah menampilkan keterangan bahwa kartu ATM kamu telah pasif, sehingga proses transaksi tidak dapat di lanjutkan.

Apa yang menyebabkan kartu ATM BJB menjadi pasif (tidak aktif)? Dan bagaimana cara mengembalikan kartu agar dapat aktif kembali? Apakah bisa diaktifkan kembali ataukah harus membuat kartu ATM baru?

Nah jika pada artikel-artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai cara daftar Internet Banking BJB dan juga cara mengambil uang di atm BJB. Maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas masih seputar Kartu ATM BJB, namun kali ini kami akan membahas mengenai cara mengaktifkan kartu ATM BJB yang telah pasif (tidak aktif).

Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan di atas yang mungkin terlintas di pikiranmu, maka langsung saja simaklah penjelasan di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB Cepat Dan Mudah
Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB Cepat Dan Mudah

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB yang Sudah Pasif Terbaru. Mudah, Cepat, dan Anti Ribet

Seperti yang kita tahu Bank BJB merupakan salah satu bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten dan memiliki kantor pusat di Bandung. Pada masa sekarang menabung di bank BJB menjadi salah salah satu cara yang paling direkomendasikan untuk menyimpan uang. Karena dengan menyimpan uang di Bank BJB dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga dapat dipastikan keamanan dan kepercayaannya.

Nah pada saat kita melakukan pembukaan rekening Bank BJB, baik yang di lakukan di Kantor Cabang BJB maupun secara online, tentu di lengkapi dengan kartu ATM sebagai alat transaksi pembayaran non-tunai.

Kartu ATM Bank BJB tersebut juga merupakan salah satu fasilitas layanan utama yang diberikan oleh Bank BJB selain fasilitas BJB SMS, BJB Net dan BJB Digi. Setiap fasilitas layanan tersebut memiliki cara penggunaan dan keunggulan yang berbeda-beda.

Masyarakat lebih sering menggunakan BJB SMS, BJB Net dan BJB Digi untuk transaksi Cek Saldo, Transfer Bank Lain, Pembelian dan Pembayaran. Sementara kartu ATM lebih sering digunakan untuk menarik uang tunai.

Kartu ATM BJB dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui mesin ATM dan EDC. Sementara BJB SMS dapat digunakan dengan instruksi SMS di Handphone, sedangkan BJB Net digunakan dengan cara mengakses melalui web browser dan BJB Digi serta dapat digunakan melalui aplikasi berbasis android dan ios.

Penyebab Kartu ATM BJB Pasif (Tidak Aktif)

Pernahkah kamu mengalami keadaan di mana saat digunakan, ATM BJB menampilkan Keterangan Kartu ATM Pasif, sehingga proses transaksi tidak dapat di lanjutkan. Padahal saat itu kamu sedang sangat membutuhkannya.

Penyebab utama kartu ATM bank BJB  pasif yaitu karena kartu tidak digunakan untuk transaksi selama 6 bulan berturut-turut. Saat hal itu terjadi maka rekening akan secara otomatis akan berstatus tidak aktif (pasif) dan tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi kembali.

Karena Bank BJB memiliki ketentuan batas maksimum libur atau tidak melakukan transaksi hanya 6 bulan sebelum rekening menjadi rekening pasif. Saat tidak  ada transaksi perbankan selama 6 bulan lamanya, maka saldo hanya akan dipotong biaya pemeliharaan rekening setiap bulan. Lihat juga penjelasan menganai biaya transfer bjb.

Apabila sudah lebih dari 6 bulan berturut-turut rekening tidak dilakukan untuk transaksi apapun maka rekening kamu masuk kategori pasif. Konsekuensinya, kamu tidak dapat melakukan transaksi perbankan dengan rekening pasif tersebut.

Untuk menghindari agar rekening kamu tidak pasif, nasabah harus melakukan transaksi dalam periode 6 bulan batas waktu maksimal tersebut. Disarankan untuk tetap melakukan transaksi minimal 1 kali dalam satu bulan. Misalnya nasabah dapat rutin menabung setiap bulan di bank BJB agar rekening tabungan tetap aktif untuk terus nikmati kemudahan transaksi perbankan.

Tenang saja kartu yang pasif tersebut bukan berarti benar-benar sudah tidak dapat digunakan kembali. Kartu tersebut bisa kamu gunakan kembali setelah kamu mengaktifkannya lagi di kantor cabang Bank BJB. Bagaimana caranya? Bagi kamu yang belum tahu, simaklah di bawah ini.

Baca Juga:

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BJB yang Pasif Karena Lebih Dari 6 Bulan Tidak Digunakan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum datang ke kantor Bank BJB adalah menyiapkan beberapa kelengkapan berupa KTP asli, Buku Tabungan, Kartu ATM yang pasif, dan Uang tunai sebesar Rp. 50.000,-. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk setor ke tabungan sebagai saldo awal untuk mengaktifkan kembali Rekeningmu yang sudah pasif.

Jika semua kelengkapan tersebut sudah siap, maka cari dan datanglah ke kantor Cabang Bank BJB terdekat dari tempat tinggalmu. Karena untuk mengaktifkan kembali kartu ATM ini tidak dapat dilakukan via Online, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini:

  1. Temukan dan datanglah ke kantor bank BJB terdekat.
  2. Kemudian masuk dan ambillah nomor antrian Customer Service.
  3. Selanjutnya tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil sama Customer Service.
  4. Setelah berhadapan dengan petugas, jelaskanlah bahwa kamu ingin mengaktifkan kembali kartu ATM yang sudah pasif (tidak aktif).
  5. Selanjutnya, Costumer Service akan melakukan verifikasi kembali data-data seperti menanyakan Nomor HP, Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung, dan Alamat.
  6. Kemudian kamu akan diminta untuk melakukan penyetoran sebesar Rp. 50.000.
  7. Dan selanjutnya Customer Service akan mengaktifkan kembali kartu ATM kamu yang pasif.

Bagaimana, mudah bukan?

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai cara mengaktifkan kartu ATM BJB yang pasif karena tidak digunakan selama 6 bulan berturut-turut. Saran yang dapat kami berikan yaitu sebaiknya lakukanlah transaksi dengan kartu ATM BJB minimal sekali dalam sebulan agar kartu kamu tetap aktif terus.

Terimaksih telah mengunjungi artikel kami, semoga apa yang kami tulis bermanfaat untuk kalian.

Tinggalkan komentar