Cara Daftar Bank Syariah Mandiri Internet Banking | Oncom.id


Cara Daftar Bank Syariah Mandiri Internet Banking

Kamu memiliki prinsip ekonomi syariah? Sudah tahu cara daftar Bank Syariah Mandiri internet banking? Sama halnya seperti bank konvensional lainnya, Bank Syariah Mandiri juga memiliki fasilitas internet banking loh, udah tau belum? Tentunya fasilitas ini berguna untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas finansial secara mudah dan simpel.

Bagi kamu yang belum tahu cara daftarnya, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini oncom.id akan membaginya untuk kalian semua. Oleh karena itu, jangan lewatkan artikel ini ya! Yuk simak bersama-sama hingga akhir!

Cara Daftar Bank Syariah Mandiri Internet Banking

Cara Daftar Internet Banking Bank Syariah Mandiri. Fasilitas Finalsial Mudah, Simpel, Anti Lelet.

Untuk kamu yang memegang teguh prinsip ekonomi syariah dalam hidup kamu namun ingin menggunakan jasa perbankan, maka bank syariah bisa menjadi pilihan untuk aktivitas keuanganmu sehari-hari. Salah satu bank syariah paling besar yang kami rekomendasikan untuk kamu yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM).

Bank Syariah Mandiri (BSM) sendiri merupakan bank berbasis syariah di bawah naungan Bank Mandiri. Sebagai salah satu bank syariah terbesar dan terpercaya di Indonesia, Bank ini juga memiliki berbagai layanan perbankan yang tidak kalah dengan Bank-Bank konvensiaonal lainnya.

Mengenai fitur dan layanan, Bank ini dapat bersaing dengan bank konvensional. Meskipun nasabah melakukan pembuatan rekening didasari akad wadiah atau mudharabah, tetapi nasabah juga difasilitasi layanan e-banking. Layanan E-banking meliputi ATM, SMS Banking, mobile banking, dan internet banking. Semuanya juga bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi kapanpun selama 24 jam per hari.

Layanan internet banking yang diterbitkan oleh Bank Syariah Mandiri untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan disebut dengan BSMNet. Dengan produk ini, nasabah bisa semakin mudah dalam melakukan transaksi keuangan di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Namun, untuk bisa menggunakannya, nasabah harus melakukan proses pendaftaran dan aktivasi terlebih dahulu. Pendaftaran tersebut bisa dilakukan dengan mengunjungi langsung Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri terdekat. Mungkin setelah ini akan muncul pertanyaan, bagaimana cara mendaftar/registrasi Internet Banking Syariah Mandiri tersebut?

Tenang saja, caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama kok. Nah, untuk kamu nasabah Bank Syariah Mandiri yang belum memiliki layanan internet banking ini dan tertarik untuk mencobanya, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga:

Tentang BSMNet dan Karakteristiknya

Seperti yang telah disinggung di atas, BSMNet merupakan fasilitas layanan internet banking dari Bank Syariah Mandiri. Fasilitas ini menggunakan sistem layanan transaksi perbankan dengan jaringan internet dan dapat digunakan untuk seluruh nasabah Bank Syariah Mandiri.

Untuk dapat mengaksesnya, nasabah dapat menggunakan perangkat komputer, laptop, atau  ponsel pintar yang telah terhubung dengan jaringan internet. Layanan ini bisa dikatakan sama seperti mesin ATM, yaitu sama-sama bisa melakukan berbagai transaksi keuangan, namun memiliki pengecualian yaitu penarikan tunai.

Dengan BSMNet manfaat yang bisa kamu rasakan meliputi pemberian kemudahan, kecepatan, bagi para nasabah dalam bertransaksi keuangan secara real-time.  Adapun karakteristik layanan ini yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut :

  • BSMNet menggunakan jaringan internet.
  • Pendaftaran layanan ini dapat dilakukan di Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri.
  • Limit transaksi untuk nasabah perorangan mencapai Rp250 juta sedangkan untuk nasabah bisnis atau perusahaan maksimal mencapai Rp1 miliar.

Transaksi yang Bisa Dilakukan di Layanan BSMNet

Ada banyak sekali transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan layanan BSMNet. Salah satu layanan yang paling digemari dans ering dilkukan adalah layanan transfer uang dan pembayaran sarana prasarana umum.

Berikut ini adalah beberapa layanan yang bisa dilakukan di BSMNet :

  • Mengganti PIN ATM
  • Transfer uang sesama/antar bank lainnya
  • Melakukan pembayaran PLN
  • Melakukan pembayaran premi asuransi
  • Membeli tiket Pesawat Garuda
  • Melakukan pembayaran uang sekolah
  • Membeli pulsa telepon, pulsa internet, dan token listrik
  • Melakukan pengecekan informasi tabungan seperti saldo/mutasi

Syarat Mendaftar Layanan BSMNet

Untuk bisa memiliki sebuah layanan tentunya ada persyaratan yang telah ditetapkan oleh pemilik layanan. Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara daftarnya, alangkah baiknya kamu sudah mengetahui dahulu apa saja syarat yang harus dipenuhi.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk membuat akun internet banking Bank Syariah Mandiri :

  • Nasabah berasal dari perusahaan atau perorangan yang telah memiliki rekening tabungan/giro di Bank Syariah Mandiri.
  • Saat melakukan pendaftaran, nasabah diperkenankan membawa identitas diri asli seperti KTP, SIM, Paspor, sesuai dengan AD/ART perusahaan (apabila nasabah perusahaan) dan bukti kepemilikan pemegang rekening (buku tabungan).
  • Nasabah diperkenankan untuk membaca, memahami, kemudian menyetujui syarat dan ketentuan BSMNet Banking.
  • Nasabah diperkenankan mengisi formulir dan menandatangani aplikasi pendaftaran.

Baca Juga:

Cara Daftar BSMNet Mandiri Syariah

Dilansir dari situs resminya di https://www.bsmnet.syariahmandiri.co.id  pendaftaran hanya dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi kantor cabang Bank Syariah Mandiri. Pendaftaran belum bisa dilakukan secara online melalui layanan internet banking.

Setelah semua persyaratan di atas telah dipenuhi, kamu bisa langsung melakukan pendaftaran layanan BSMNet dengan cara mengikuti panduan di bawah ini :

  1. Datanglah ke Kantor Cabang Bank Syariah Mandiri terdekat dengan membawa dokumen persyaratan.
  2. Kemudian ambilah nomor antrian untuk layanan Customer Servis dan tunggu hingga nomor antrianmu dipanggil.
  3. Setelah tiba giliranmu, ajukanlah permohonan pendaftaran fasilitas layanan BSMNet.
  4. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  5. Jangan lupa untuk menunjukkan identitas diri yang sah ke petugas Bank Syariah Mandiri apabila telah diminta.
  6. Setelah itu petugas akan memberikan Key Code kepada nasabah berisikan user ID, password, PIN Otorisasi, dan Transaction Access Number.
  7. Kemudian nasabah akan diminta untuk menandatangani tanda terima Key Code, setelah itu menyerahkannya kepada petugas customer service untuk diaktivasi.

Cara Melakukan Aktivasi Layanan BSMNet 

Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan diminta untuk melakukan aktivasi terlebih dahulu agar layanan internet banking Bank Syariah Mandiri ini bisa menggunakan. Aktivasi biasanya akan dilakukan dengan bantuan customer service saat setelah kamu melakukan pendaftaran, atau juga bisa dilakukan sendiri oleh nasabah.

Jika kamu ingin melakukan aktivasi sendiri, berikut ini adalah tata cara yang harus kamu ikuti :

  1. Siapkan perangkat komputer, laptop, atau HP mu yang telah terhubung dengan jaringan internet.
  2. Kemudian masuklah ke situs BSMNet di https://www.bsmnet.syariahmandiri.co.id
  3. Selanjutnya Login lah dengan user ID dan password yang diberikan saat pendaftaran.
  4. Setelah itu, pilih menu “Aktivasi BSM Token” yang biasanya berada di kiri bawah halaman awal.
  5. Berikutnya kamu akan diminta untuk membaca halaman “disclaimer” dan kemudian tekan tombol “Setuju”.
  6. Selanjutnya isi kolom “nomor ponsel, email, TAN, dan PIN Otorisasi” yang diberikan saat proses pendaftaran kemudian tekan “Submit”.
  7. Lalu, masukkan “Kode Aktivasi dan PIN Otorisasi”, lalu tekan “Submit” kembali.
  8. Jika proses aktivasi yang kamu lakukan benar maka kamu akan mendapat pemberitahuan bahwa aktivasi yang kamu lakukan berhasil.

Cara Menggunakan Layanan BSMNet

Setelah melakukan pendaftaran dan aktivasi mungkin ada pula yang kebingungan mengenai cara menggunakan layanan internet banking ini. Oleh karena itu, kami akan membahasnya pula pada artikel ini.

Untuk kamu yang masih bingung, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan internet banking Syariah Mandiri :

  1. Kunjungilah alamat web https://bsmnet.syariahmandiri.co.id/ di HP, laptop atau komputer yang kamu miliki. Jangan sampai salah dalam menulis alamat URL BSMNet ini ya. Apabila ada URL lain namun memiliki tampilan halaman yang sangat mirip, segera tutup halaman tersebut karena website tersebut kemungkinan besar dibuat untuk tujuan penipuan.
  2. Kemudian login dengan mengisi user ID dan password yang telah kamu dapatkan di kantor cabang BSM saat melakukan pendaftaran. Pada saat karu baru pertama kali login, maka kamu akan diminta untuk mengganti password dan/atau PIN otorisasi yang kamu terima dari bank dengan password dan/atau PIN otorisasi baru yang kamu inginkan. Sedangkan untuk user ID tetap, tidak bisa diganti.
  3. Setelah berhasil login, kamu bisa mengakses berbagai fitur BSMNet, seperti cek saldo, mutasi, dan transaksi non-finansial lainnya.
  4. Sedangkan untuk transaksi finansial seperti transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan lain sebagainya, kamu harus memasukkan PIN otorisasi dan TAN juga. Perlu kamu ketahui, TAN ini merupakan kode numerik yang terdiri dari6 digit yang selalu berubah. Ini mirip dengan token pada bank BCA dan m-secure pada bank BNI.

TAN BSMNet memliki satu kekurangan. Kekurangan tersebut yaitu saat kamu pertama kali melakukan aktivasi, kamu hanya akan memperoleh TAN berjumlah 100 kode. Setiap kode tersebut hanya bisa dipakai sekali, maka TAN akan habis pada pemakaian ke-100. Saat sudah habis, maka kamu harus meminta kode baru lagi ke kantor cabang yang sama saat kamu melakukan aktivasi internet banking Syariah Mandiri.

Baca Juga:

Tips Agar Aman Bertransaksi dengan BSMNet/Internet Banking Bank Syariah Mandiri 

Melakukan transaksi secara digital memiliki potensi terjadi tindak kriminal, seperti pencurian data, pencurian dana, atau pemalsuan data diri. Ini adalah salah satu dampak negatif akibat perkembangan teknologi yang semakin maju namun disalahgunakan.

Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, kamu perlu melakukan transaksi keuangan sesuai dengan prosedur dan menerapkan sistem keamanan yang ketat. Adapun tips untuk menjaga keamanan selama bertransaksi yang dapat kami berikan adalah sebagai berikut :

  • Pastikan bahwa kamu masuk ke web internet banking Bank Syariah Mandiri yang resmi pada link yang telah kami berikan di atas.
  • Gantilah password dan PIN Otorisasi secara berkala.
  • Jangan pernah membuat password dan PIN Otorisasi yang merupakan pengulangan dari user ID.
  • Buatlah password dan PIN Otorisasi yang unik, jangan membuat yang mudah ditebak, misalnya dari nomor telepon, tanggal lahir, atau angka yang berurutan.
  • Jangan pernah memberikan user ID, password, TAN, dan PIN Otorisasi kepada siapa pun. Dan jika kamu membuat catatan, simpanlah di tempatnyang aman.

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar BSMNet dan cara daftar Bank Syariah Mandiri internet banking. Layanan ini memudahkan transaksi, namun tetaplah waspada terhadap segala tindak kejahatan. Maka jangan lupa untuk menerapkan tips yang telah kami berikan di atas ya!

Terimakasih telah mengunjungi artikel kami dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar