21 Fitur Baru Terbaik Android 13 Yang Harus Kamu Lihat | Oncom.id


21 Fitur Baru Terbaik Android 13 Yang Harus Kamu Lihat

Fitur Baru Terbaik Android 13 – Google sekarang ini mengeluarkan versus beta ke-3 Android 13, dan Anda bisa memasang Android 13 beta di handphone Piksel Anda sekarang ini. Bila Anda tidak mempunyai handphone Piksel untuk coba sejumlah fitur baru dan bertanya peralihan apa yang hendak dibawa oleh Android 13, Anda ada di tempat yang akurat. Baca terus untuk ketahui feature Android 13 terbaik yang dijumpai selama ini.

21 Fitur Baru Terbaik Android 13

21 Fitur Baru Terbaik Android 13 Yang Harus Kamu Lihat

Kami sudah membagikan artikel ini jadi dua sisi untuk menyorot feature yang ada untuk dipakai dalam versus terkini (Beta 3) dan feature yang diselinapkan, bocor, atau mendapatkan informasi awalnya. Dengan itu, silahkan kita langsung ke dalamnya.

Fitur Baru Terbaik Android 13

1. Bahan Baru Anda Beri warna Style

Salah satunya feature Android 12 paling atas ialah mekanisme topik berbasiskan wallpaper Material You. Sementara Material You bawa peralihan riil pada rekonsilasi di Android, dia kehilangan kekuatan untuk atur warna Anda sendiri. Dengan batas itu, kami mulai menyaksikan program faksi ke-3 untuk memakai warna dialek Material You khusus yang ada di Play Toko.

Walau Google tetap tidak meluluskan Anda memakai warna dialek Anda sendiri, perusahaan mengenalkan semakin banyak elastisitas dengan tambahan keseluruhan 16 pilihan warna di Penataan. Untuk ingat, Android 12 mempunyai 4 warna wallpaper dan 4 warna dasar.

2. Ubah Text dari Papan Clip

Pernah mendapati diri Anda ingin mengubah cepat suatu hal yang barusan Anda tulis? Saat ini Anda bisa melakukan secara mudah di Android 13. Berdasar pengalaman yang serupa yang dipakai untuk tangkapan monitor, Android 13 menambah icon pensil untuk mengubah content saat Anda menggunting atau mengopi text. Lewat feature ini, Anda bisa secara mudah tempelkan text dari clipboard dan menambah/hapus content ke dalamnya. Terutamanya, itu bahkan juga akan memperlihatkan ke Anda pilihan untuk menghubungi / mengirimi pesan dan buka link di Chrom saat Anda mengopi nomor atau link. Simak juga untuk bebas akses dengan VPN android terbaik.

3. Keinginan Ijin yang Diperbaharui

Diawali dengan beta pertama Android 13, Google mengenalkan ijin granular untuk terhubung file gambar, video, dan audio. Yang akan datang, program faksi ke-3 akan minta ijin untuk tipe file media tertentu.

Bila program minta ijin gambar dan video secara bertepatan, Google menjelaskan akan mengategorikan ke-2 keinginan ijin ke satu diskusi untuk pengalaman pemakai yang lebih bagus.

4. Peringatan Senter di Widget Sepintas

Kita secara tidak menyengaja biarkan senter berpijar, cuma untuk mengetahui jika itu sudah habiskan 1/2 battery handphone yang masih ada. Yah, tak lagi. Google sudah menambah integratif yang baik ke widget At a Glance yang memberitahu Anda saat senter dihidupkan. Anda akan menyaksikan peringatan ini di monitor teras dan monitor kunci.

5. Bahasa Khusus Program Panlingual

Dengan Codename Panlingual, Android 13 pada akhirnya mendatangkan kekuatan untuk menyetel bahasa pada pangkalan per program. Bagus untuk poliglot, feature ini mempermudah pemakaian beberapa program dengan bahasa tertentu. Misalkan, seorang bisa memakai Google Chrom dengan bahasa Hindi saat berhubungan dengan handphone yang lain dengan bahasa Inggris.

Tidak seperti program yang sekarang ini memberikan dukungan banyak bahasa, Android 13 akan ambil pendekatan terintegrasi, di mana Anda segera dapat mengonfigurasikan bahasa program untuk beragam program di bawah penataan “Bahasa dan Saran”. Anda bisa terhubung feature dari Settings -> Sistem -> Languages ​​& input -> App Languages ​​.

Walau Google sudah melaunching Android 13 beta pertama, beberapa feature menarik masih tidak diaktifkan secara standar. Tetapi, kami ketahui informasi-informasi kecil, karena penyelaman dalam Android 13 Mishaal Rahman dan laporan dari beberapa orang di XDA Developers dan Android Police. Kami sudah menambah beberapa feature yang awalnya sudah dipublikasikan oleh Google, tapi belum capai versus beta.

Baca Juga:

  1. 11 Emulator Android Ringan Terbaik Untuk PC Terbaru
  2. Aplikasi Foto Jodohku Di Masa Depan, Lihat Selengkapnya
  3. 10 Aplikasi Bypass FRP Akun Google Terbaik Untuk Android

 

6. Bilah Perkembangan yang Diperbaharui di Pemutar Media

Tidak ada launching Android yang betul-betul komplet tanpa modifikasi pada pemutar media. Ini kali, Google sudah menambah garis berlekuk-lekuk ke bilah perkembangan pemutar media. Itu ada saat Anda memutar musik dan lenyap untuk garis lempeng biasa saat Anda menginterval media. Perlu dicatat jika Anda akan menyaksikan bilah perkembangan baru di monitor kunci. Ini ialah sentuhan yang baik untuk bawa nuansa hidup ke pemutar media.

7. Akses Lebih Cepat ke Penyekenan Code QR

Karena wabah, kami sudah melihat adopsi code QR secara luas. Dimulai dari terminal pembayaran di toko kelontong lokal sampai menu restaurant, code QR saat ini nyaris berada di mana saja. Menimbang ketertarikan yang diremajakan, Android 13 memungkinkan Anda terhubung pemindai code QR dari monitor kunci handphone Anda. Disamping itu, Anda akan memperoleh ubin Penataan Cepat untuk terhubung pemindai code QR.

8. Kontrol Piranti Rumah Pandai Dari Monitor Kunci

Pemakai yang paling melakukan investasi dalam ekosistem rumah pandai akan menyenangi feature Android 13 ini. Google saat ini memungkinkannya pemakai untuk mengatur piranti rumah pandai dari monitor kunci tak perlu buka kunci handphone mereka. Feature ini tidak diaktifkan secara standar, dan Anda bisa memutuskan untuk aktifkan bila Anda inginkan kenyamanan tambahan.

9. Ketok Cepat untuk Aktifkan Senter

Pergerakan ketok 2x adalah feature Android 12 terbaik. Di Android 12, Anda bisa memakai pergerakan ketok 2x untuk buka Pendamping, ambil tangkapan monitor, mengatur pemutaran media, buka pengalih program terkini, dan mengecek pemberitahuan. Ini kali, Google pengembang sudah membuat tambahan yang bermanfaat untuk feature itu dengan pilihan untuk aktifkan senter.

Yang akan datang, Anda bisa mengetok 2x sisi belakang handphone untuk aktifkan atau menonaktifkan senter. Ini tidak disangsikan kembali feature yang nyaman untuk dipunyai di handphone Anda, khususnya untuk mereka yang kerap memakai senter handphone mereka dalam gelap.

10. Pemilih Output Audio yang Dibuat Ulangi

Dalam peralihan visual yang menonjol, Google membuat desain ulangi pemilih keluaran media di Android 13. Pemilih keluaran, janganlah bingung dengan bilah volume yang diperlebar, memungkinkannya Anda berpindah antara piranti keluaran yang ada seperti earphone Bluetooth atau speaker telephone. Penampilannya serupa dengan ubin Penataan Cepat Android 12 (baca: tebal) dan menampung nama piranti di penggeser volume. Secara fungsional sama dengan Android 12, tapi penyegaran design di sini tingkatkan stabilitas di semua antar-muka.

11. Icon Bertopik untuk Program Faksi Ke-3

Diawali dengan Android 12, Fitur Baru Terbaik Android 13 selanjutnya Google mengenalkan support untuk icon bertopik di Android 12. Tetapi, itu hanya terbatas untuk program Google sekarang ini. Dengan Android 13, Google membuat icon bertopik warna aktif ada untuk semuanya icon program. Pengembang program akan disuruh untuk memakai icon program monokromatik dan mengupdate XML icon adaptive untuk masukkan support icon program bertopik ke program mereka. Google menjelaskan icon faksi ke-3 bertopik pertama kalinya akan datang di handphone Piksel, dan bekerja dengan OEM piranti untuk bawa feature ini ke kulit custom mereka. Feature ini tidak aktif pada Android 13 beta pertama.

12. Penampilan Mingguan di Dashboard Privacy

Dashboard Privacy memperoleh kenaikan yang paling diperlukan di Android 13. Yang akan datang, Anda akan mempunyai pilihan untuk menyaksikan log ijin sepanjang tujuh hari akhir. Yang belum mengetahui, Android 12 sekarang ini menjaga log ijin untuk akses camera, mikrofon, dan lokasi sepanjang 24 jam paling akhir.

13. Ketok untuk Mentransfer Pemutaran Media Antara Piranti

Menurut laporan Android Police belakangan ini , Android 13 kemungkinan tawarkan feature tap media untuk mentransfer. Ini mempunyai potensi memungkinkannya pemakai berpindah media di antara handphone mereka dan piranti lain, kemungkinan speaker pandai. Dari penampilannya, feature ini serupa dengan bagaimana Anda bisa mentransfer pemutaran media dengan mulus dari iPhone ke HomePod. Laporan itu bertaruh jika itu dapat memercayakan NFC atau UWB untuk mentransfer pemutaran media. Mishaal Rahman dari Esper sudah sukses aktifkan arketipe feature, dan Anda bisa mengeceknya dalam perlakuan di atas.

Baca Juga:

14. Pemilih Photo Baru

Dalam usaha untuk menjadikan satu pengalaman pemilih file dan membuat perlindungan privacy pemakainya, Google menambah pemilih photo mekanisme baru dengan Android 13. Membuat pemilih document Android yang share document tertentu dengan program tanpa memberi program akses ke semua file media di piranti, API pemilih photo baru mempermudah program terhubung gambar dan video bersama secara efektif. Seterusnya, Google merencanakan untuk bawa pemilih photo baru ke Android 11 dan semakin tinggi lewat penyempurnaan mekanisme Google Play.

15. Saran untuk Menambah Ubin Penataan Cepat Baru

Google memudahkan pengembang program untuk mempromokan ubin Penataan Cepat khusus mereka dengan Android 13. Pengembang bisa selekasnya memutuskan untuk memakai API peletakan ubin baru untuk minta pemakai menambah ubin program sebagai pilihan Penataan Cepat yang aktif. Selama ini, pemakai harus dengan manual menarik ubin khusus dari daerah ubin yang tidak aktif ke yang aktif untuk menyaksikannya di panel QS.

16. Support Audio Bluetooth LE

Ingat saat Bluetooth SIG umumkan codec LC3 dengan Bluetooth LE Audio di CES 2020? Kelihatannya Android 13 bisa seutuhnya merengkuh Bluetooth LE Audio. Menurut komit Gerrit AOSP yang diketemukan oleh Mishaal Rahman, Google siap untuk menambah codec LC3 sebagai pilihan dalam penataan. Untuk dikenang, codec LC3 tawarkan kualitas audio yang lebih bagus bila dibanding dengan codec SBC, bahkan juga pada bit rate 50% lebih rendah.

17. Support DNS lewat HTTPS

Google mengenalkan DNS-over-TLS dengan Android 9 Pie, dan feature itu sudah ada sebagai “Privat DNS” mulai sejak itu. Menurut komit yang diketemukan oleh Pengembang XDA , Google merencanakan untuk memberikan dukungan DNS-over-HTTPS (DoH) di Android 13. Browser situs terpopuler, terhitung Google Chrom dan Firefox , mengenalkan support DoH sepanjang tahun-tahun ini. Bisa saja untuk aktifkan DNS-over-HTTPS di Windows 11. Sampai Android 13 datang, Anda bisa mengecek tutorial ini mengenai langkah aktifkan DNS-over-TLS di Android.

18. Pernyataan Waktu Proses

Diawali dengan Android 13, Google mmenambahkan Fitur Baru Terbaik Android 13 diharap untuk mengenalkan ijin runtime untuk pemberitahuan. Dalam kata lain, program harus minta ijin dari pemakai saat sebelum mengirimi pernyataan , seperti ijin lain seperti akses lokasi dan mikrofon diatasi di Android sekarang ini. Gagasannya untuk menolong pemakai membuat keputusan yang berhati-hati mengenai apa mereka ingin terima pemberitahuan dari satu program. Apa ini akan menuntaskan permasalahan pemberitahuan spamming Android? Sampai batasan tertentu, tapi tidak juga.

Walau feature ini akan menolong Anda segera menampik pernyataan untuk program jahat yang tidak mau Anda peroleh pemberitahuannya, itu tidak atur program yang mengirim Anda pernyataan penting. Tersebut kenapa Google mengenalkan aliran pemberitahuan dengan Android 8.0 Oreo di tahun 2017. Sementara mayoritas program mulai mengirimi pemberitahuan lewat kelompok tertentu, beberapa salah satunya yang tidak menarget Android 8.0 (API tingkat 26) terus memakai aliran pemberitahuan khusus untuk baik pernyataan penting atau promo.

Bila program sudah mengaplikasikan aliran pemberitahuan secara benar, Anda mempunyai pilihan untuk memblok pemberitahuan spamming dengan manual ini hari. Dan Anda terus terima pernyataan penting. Secara singkat, bila Anda jemu dengan 1 program pengangkutan makanan yang terus-terusan menggerakkan Anda untuk pesan makanan nikmat lewat cara online, baca tutorial kami untuk menonaktifkan pernyataan spamming di Android untuk menghentikannya selama-lamanya.

19. Wallpaper Sinematik dan Peredupan Wallpaper

Android 13 akan mengenalkan wallpaper 3D yang bergerak saat handphone Anda bergerak. Feature ini memakai WallpaperEffects API dan memungkinkannya Anda jadikan photo Anda sebagai wallpaper 3D. Tetapi, itu belum disiarkan, jadi kami harus menanti launching beta di periode kedepan untuk menyaksikannya berlaga. Sama sesuai Mishaal Rahman dari Esper, ada feature peredupan wallpaper baru yang menurunkan wallpaper Anda sekarang ini. Kami bisa menduplikasi feature itu, dan Anda bisa menyaksikan ketidaksamaan kecemerlangan wallpaper pada gambar di atas.

20. Pembayaran NFC Tanpa Contact Multi-Pengguna

Peralihan kecil di Android 13 akan memudahkan pemakaian pembayaran NFC untuk beberapa profile. Selama ini, pilihan untuk membayar NFC cuma ada untuk profile khusus. Tetapi, bila Anda ialah seorang yang share handphone dengan bagian keluarga dan tinggal di negara yang sudah mengaplikasikan pembayaran NFC, feature Android 13 ini peluang bisa menjadi berita baik untuk Anda.

21. Ekonomi Sumber Daya Android (TARE)

Google mengenalkan feature baru yang dinamakan TARE — Android Resource Economy. TARE mempunyai tujuan untuk menolong program secara efektif manfaatkan juice battery yang ada di telephone.

“TARE akan mewakilkan “credit” ke program yang selanjutnya bisa “dibelanjakan” untuk pekerjaan antrean. Jumlah keseluruhan “credit” yang hendak diberi TARE (disebutkan “saldo”) bergantung pada beberapa faktor seperti tingkat battery piranti sekarang ini, dan jumlah “credit” yang dibutuhkan untuk berbaris pekerjaan akan tergantung pada pekerjaan itu. untuk,” terang Mishaal Rahman dari Esper.

Disamping itu, TARE bisa batasi jumlah pekerjaan yang bisa direncanakan oleh program lewat peraturan JobScheduler dan SireneManager berdasar tingkat battery. Sama seperti yang kemungkinan telah Anda sangka saat ini, ini ialah feature yang fokus pada pengembang, dan kami harus menanti untuk pelajari selanjutnya mengenai langkah kerja feature dibalik monitor.

Apa Feature Android 13 Favorite Anda?

Sama seperti yang kami harap, Android 13 tidak seutuhnya mengubah OS. Tetapi, itu mengepak peralihan yang memiliki arti untuk tingkatkan pengalaman pemakai. Karena kami masih tiga launching beta kembali dari versus final Android 13, kami bisa mengharap untuk menyaksikan semakin banyak feature menarik sepanjang beberapa waktu kedepan yang akan kami team Oncom.id update terus kedepanya.

Kami akan mengupdate daftar ini dengan semakin banyak feature saat Android 13 beta baru datang, jadi yakinkan Anda terus ikuti penyempurnaan. Dalam pada itu, bila Anda inginkan detil mengenai tanggal launching Android 13 dan piranti yang penuhi persyaratan, membuka artikel Fitur Baru Terbaik Android 13.

Tinggalkan komentar